Beberapa Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mempelajari Bahasa Sunda

     Bahasa Sunda merupakan salah satu jenis bahasa yang terkenal di Indonesia. Pengguna bahasa ini bisa ditemukan di Pulau Jawa, tepatnya di daerah Jawa Barat dan Jakarta banyak yang menggunakannya. Sebelum Anda hendak belajar Bahasa Sunda tentunya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

     Pertama, hal yang harus Anda perhatikan dalam Bahasa Sunda adalah penekanan dari kata atahu kalimat yang Anda ucapkan. Hal ini dikarenakan dengan adanya penekanan tersebut maka orang yang diajak bicara Bahasa Sunda nanti juga akan tahu maksud yang dibicarakan itu apa. Jika Anda ingin menggunakan Bahasa Sunda untuk bertanya kepada orang lain mengenai dimana letak sebuah tempat atau apapun itu.
Contoh : “bade kamana?”
Maka pada saat akhir kalimat, gunakanlah penekanan sehingga mampu menunjukan bahwa Anda hendak bertanya mengenai sesuatu kepada lawan bicara Anda. Hal ini tentunya memang merupakan sesuatu yang basic dalam Tata Bahasa namun ada kalanya juga Anda tahu mengenai hal tersebut.

     Kedua, hal lain yang harus Anda perhatikan saat menggunakan Bahasa Sunda adalah gunakan kosa kata yang tepat. Misalnya kata "nuju naon?". Bagi Anda yang terbiasa mengucapkan Bahasa Indonesia dan baru belajar menggunakan Bahasa Sunda pastinya akan bingung untuk memikirkan ini maksudnya apa? “Nuju naon” itu sebenarnya adalah sebuah kata yang artinya “lagi ngapain?”. Jika Anda hendak menanyakan mengenai apa yang orang lain sedang lakukan pada saat itu maka pilihlah kosa kata ini.
Mengetahui mengenai kosa kata juga akan mampu untuk memudahkan Anda dalam mempelajari tata bahasa yang satu ini. Awalnya memang mungkin akan sangat sulit untuk menghapal itu semua, tetapi lama kelamaan Anda juga pasti akan bisa melakukannya sendiri. Semakin banyak kosa kata yang Anda hapal maka akan semakin mudah pula Anda mempelajari Bahasa Sunda nantinya. Kosa kata juga akan menjadikan Anda lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain pada saat dibutuhkan. Akan menjadi sangat aneh situasinya apabila Anda berbicara dengan orang lain tapi kemudian Anda tidak tahu apa yang harus Anda ungkapkan karena Anda tidak memiliki kosa kata yang cukup.


     Ketiga, hal lain yang harus Anda perhatikan dalam pengucapan Bahasa Sunda adalah Anda harus mengerti bahwa ada banyak sekali variasi dan kombinasi bahasa yang bisa Anda gunakan. Alhasil Anda akan mampu menciptakan sebuah kosa kata baru yang lebih tajam maknanya. Namun demikian, ini juga tidak akan bisa berlangsung dengan otomatis. Misalnya adalah kata “monggo”, dalam Bahasa Jawa artinya adalah “silahkan”. Jika Anda hendak menggunakan kata silahkan dalam Bahasa Sunda maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan kata “mangga”. Intonasi dan gerak tubuh yang baik juga akan menjadikan kata yang Anda utarakan ini tersampaikan dengan jelas maksudnya. Alhasil orang yang Anda ajak bicara juga nantinya akan tahu maksudnya. Kata “mangga” juga banyak diucapkan oleh orang yang ingin mempersilahkan orang lain untuk melakukan sesuatu.


     Bahasa Sunda adalah sebuah bahasa yang sangat kaya dan tentu saja ada banyak orang yang lebih suka menggunakannya dibandingkan bahasa lainnya. Jadi tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan beberapa hal yang ada di atas agar nantinya Anda juga bisa mengetahui bagaimana penggunaan Bahasa Sunda yang baik dan benar.

     Mempelajari Bahasa Sunda adalah sesuatu yang menyenangkan karena selain bisa menambah wawasan Anda juga nantinya akan bisa menambah pengalaman yang Anda miliki. Jika Anda suatu ketika berada di kerumunan orang yang ber-Bahasa Sunda maka Anda akan bisa tahu apa saja yang harus Anda ucapkan nantinya.


Oke, itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum belajar Bahasa Sunda. Mari kita belajar bersama-sama. Untuk melestarikan budaya Indonesia. Tulisan ini dapat Anda baca juga disini.

Kami mohon keritik dan saran Anda. Agar kedepannya KBS lebih dapat membantu para sahabat semua dalam Mempelajari Bahasa Sunda.



KAMUS BAHASA SUNDA
Suka dengan komunitas ini? Gabung untuk berkomentar dan berbagi opini Anda.

0 komentar:

Posting Komentar